FOODTEN

December 22, 2016

Arsitek & Desain Interior : Tony Jackson

Tim                                    : Kevin , Juily

Kontraktor                          : Toni Huang

Tukang Perabot                 : Wakawod

Lama konstruksi                 : 3 bulan

Total Investasi                    : 3,2 milliar

 

 

Tantangan di proyek ini :

 

Bagaimana membuat sebuah rumah yang nyaris mirip rumah hantu dengan kondisi super gelap dan angker menjadi restoran keluarga yang ceria dan ramah pada pengunjung dengan budget yg super hemat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 sebelum menjadi seperti ini, kondisi bangunan sangat mengenaskan dengan kondisi yang sangat mirip dengan rumah hantu, siapapun yang masuk ke dalam rumah pasti minta keluar karena kondisinya benar2 angker.

 

 foto kondisi sebelum di make over oleh tim

 

Melihat kondisi bangunan lama, saya menyadari bahwasannya permasalahan utama adalah

 

1. Pintu masuk utama posisinya salah karena menghadap jalan yg sepi karena bukan jalan utama dan berada di sudut bangunan.

 

Solusi :

Adalah mengganti posisi pintu

 

2. Adanya kanopi besi yang berfungsi menghalangi hujan dan panas, ini adalah titik kesalahan fatal yang kalau di pertahankan akan mematikan bisnis, namun para pemegang saham tetap ingin ada outdoor yg berkanopi.

 

Solusi :

Adalah membuat kanopi baru dengan model yg lebih indah namun cahaya bisa masuk tapi hujan tidak mengenai tamu yang duduk = kanopi dengan finishing warna putih di lapis polycarbonat kombinasi dengan tanaman

 

3. Jalan Tapanuli adalah jalan lintas yang mempertemukan 2 jalan yaitu Jl. Wahidin dgn Jl. Sumatera, ini menjadi masalah karena kawasan ini pasti jadi macet dan susah parkir setelah restoran di buka untuk umum

 

Solusi :

Bentuk tanah yang menyerong mengikuti kemiringan jalan di buat jadi garis lurus sehingga menghasilkan 6 lot parkir di depan gedung.

 

4. Jarak parkiran mobil ke pintu masuk lumayan jauh dan apabila hujan akan merepotkan tukang parkir memayungi setiap tamu

 

Solusi :

Buat area ini menjadi wellcome area tanpa ada tempat duduk tamu dimana area ini harus berkesan tinggi, penuh cahaya yang menarik dan kanopi berkesan memayungi dan seperti mengucapkan selamat datang pada tamu. maka muncullah hasil desain seperti pohon naik turun tidak beraturan mengikuti bentuk tanaman maupun alam yang cenderung tidak simetris.

 

5. Bangunan tua ini begitu gelap dan angker

 

Solusi :

Membuka cahaya masuk pada setiap sudut dinding, tidak ada satupun ruangan yang tdak saya buka kaca.

 

6. Sirkulasi dan program ruang yang kaca

 

Solusi :

Menzonanisasi dan mengelompokkan menjadi dua zona utama yaitu publik zona kiri, service ( dapur, kantor, gudang, loker karyawan, tempat istirahat, kamar dll ) zona kanan

 

7. Budget dari para pemegang saham sangat terbatas

 

Solusi :

 

Hampir 60 % persen penggunaan bahan desain adalah barang2 bekas seperti kursi bekas, meja bekas, besi bekas dll. hal ini menyebabkan saya harus membuat desain yang tidak terlampau berat dan jauh dari barang2 bekas tersebut supaya bisa masuk dengan barang2 baru. Kap lampu yang di pakai adalah dari kuali alumunium di cat merah dengan modal beberapa puluh ribu tdk sampai 100rb/buah

 

 

 

sebenarnya masih adalah puluhan permasalahan lagi, cuman tidak bisa di jelaskan satu persatu di sini karena terlampau banyak.

 

Biasanya MAT memetakan permasalahan proyek sebanyak mungkin dan setiap permasalahan di selesaikan dengan solusi2 yang tepat sesuai situasi dan kondisi di lapangan.

 

KONSULTASI ONLINE GRATIS APA SAJA YG BERHUBUNGAN DENGAN DESAIN WA : 085373346110

ATAU LANGSUNG BERTANYA DENGAN MENGETIK DI "COMMENTS " BAWAH. MALU BERTANYA SESAT DI JALAN

 

GOOD DESIGN IS GOOD BUSINESS :

Jualan utama restoran ini adalah chines food, dimana kalau di medan chinese food pasti identik dengan makanan keluarga. keluarga biasanya ada anak2 dan orang yg lebih tua. pemilihan material warna saya putuskan lebih cerah dan ceria dengan permainan warna merah, putih dan berpadu dengan warna hijau tanaman.

 

Efek dari desain seperti ini membuat keceriaan keluarga tetap terasa, dan permaian kaca yg banyak membuat terasa sangat wellcome dan karakter dan ciri khas restoran chinese food tetap terasa walau dengan material dan ornamen yang jauh dari chinese, seperti ukiran, ornamen tidak ada sama sekali sehingga para anak muda yang modern juga merasa nyaman ke foodten.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

ARCHIVE POSTS

Please reload

August 2, 2017

February 19, 2017

December 22, 2016

December 22, 2016

December 17, 2016

December 13, 2016

March 14, 2016

Please reload

RECENT POSTS

GET IN TOUCH:

WA: +62852.6128.8818 ( Tony Jackson )

WA : +62852.6135.6999 ( Juily )

Email: matarchitectteam@gmail.com

  • Facebook - Black Circle
  • Instagram - Black Circle

KAMISPACE | Jl. T. A. Hamzah no B-18, Medan