SMOKEY RIBS - MEDAN

Prinsipal Desain : Tony Jackson

Arsitek : Tony Jackson

Tim : Kevin , Juily

Kontraktor : Tony Huang

Tukang Perabot : WakawodLama

konstruksi : 3 bulan

Total Investasi : 3 Milliar

SMOKEY RIBS merupakan cafe dengan nuansa american country dan tentu saja menu utamanya smokey baby back ribs. Namun, kita bukan membahas soal menu makanannya di sini, melainkan konsep desain dan solusi permasalahan untuk cafe Smokey Ribs yang akan dibuka di mall Centre Point Medan. Cafe ini merupakan franchise dari Jakarta dan dibuka di jl. Mustang no 7A Medan yang akhirnya pindah lokasi ke ruko mall Centre Point. Smokey Ribs ini menggunakan 2 bangunan ruko di sana, yaitu ruko G-15 dan G-16.

Setelah survey lokasi ruko Centre Point dan langsung memetakan permasalahan dengan owner didapatlah kesimpulan seperti berikut.

Bangunan ruko ini merupakan bangunan 3 1/2 lantai, dimana lantai 1 dan 2 dijadikan cafe dan lantai 3 ke atas dijadikan area operasional tambahan, storage, dan mess karyawan. Oleh karena itu, kita hanya akan membahas desain lantai 1 dan 2 saja. Setelah survey lokasi, ternyata didapati bahwa lokasi sebelumnya juga cafe, sehingga sudah pasti ada dapur bekas dari cafe tersebut. Hal ini dapat dilihat dari adanya gutter drain untuk pembuangan dari dapur. Dengan memanfaatkan hal tersebut dan untuk mengurangi cost utk pembongkaran dan pemindahan dapur, maka diputuskan dapur tetap dibuat di sana. Dan, mengingat kebutuhan dapur yang cukup banyak sehingga membutuhkan space yang cukup besar, lalu akses ke bar dan grill harus mudah supaya operasionalnya lebih efisien, maka kita langsung membagi 2 ruko menjadi 2 zona. Satu ruko (G-16) full untuk zona operasional dan satu ruko lagi (G-15) untuk publik dan area servis, supaya seating area terkesan lebih luas tidak terhalang oleh area operasional. Oleh karena itu jugalah, area tangga, lift barang dan toilet diletakkan di sudut belakang, selain karena posisi shaft pipa yang juga di belakang.


Area publik selain seating area juga harus ada welcome area sehingga area pintu masuk dibuat lebih masuk daripada grill area supaya terkesan welcome, bisa juga jadi spot foto, dan juga jadi waiting area dan tempat meja greeter untuk lihat menu tanpa harus mengganggu kenyamanan pengguna pedestrian umum. Untuk lantai 2, posisi tangga dan toilet tetap sama karena terusan dari lantai bawah. Area operasional tetap ada (terusan dari dapur) dan untuk akses ke lantai 3. Tangga publik kita pindahkan dan tidak menggunakan tangga eksisting supaya tidak mengganggu aktivitas pihak operasional dan mengikuti flow manusia akan lebih nyaman jika tangga dipindah. Bentuk tangga pun tidak seperti bentuk yang lama karena tidak nyaman dinaiki dan masih terkesan tangga ruko biasa. Oleh karena itu, bentuk tangga diubah menjadi tangga bulat supaya tidak terlalu banyak makan space dan lebih unique tentu saja.


Area publik di lantai 2 terbagi menjadi area VIP dan area publik. Area VIP ini terbagi 2 lagi yaitu mini VIP room dan smoking area. Saat mendesain cafe ataupun restaurant 2 hal ini tetap wajib diperhatikan, karena kita mengutamakan kenyamanan customer. Tidak semua customer betah digabung dengan area merokok dan area mini VIP untuk customer dengan tujuan tertentu, seperti meeting, arisan, dll. Area VIP diletakkan di ruko sebelah karena lebih terkesan privat (tidak langsung terlihat dari tangga). Smoking area diletakkan di bagian depan supaya dekat dengan bukaan dan space yang tersedia cukup besar dibandingkan mini VIP room, mengingat pasti cukup banyak customer yang ingin merokok. Area publik di lantai 2 juga bisa beralih fungsi jadi gathering area kecil dan tempat nobar, karena disediakan layar projector menghadap ke arah tangga.



Setelah memetakan permasalahan dan mengemukakan solusinya, kita lanjutkan ke tahapan desain, karena dalam hal desain juga ada masalah tersendiri yang perlu dipecahkan. Berikut adalah desain cafe Smokey Ribs yang sebelumnya (jl. Mustang) dan yang di Jakarta yang harus diperhatikan supaya desain kita tidak lari dari filosofi dan konsep yang sudah ada.



Melihat gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa konsep cafe ini adalah American Country, namun belum terasah dengan baik. Masih perlu dipertajam lagi kesan countrynya supaya beda dengan cafe-cafe sejenis lainnya. Suasana yang ada juga terkesan remang seperti cafe-cafe pada umumnya. Memang suasana yang remang terkesan lebih privat dan cozy, namun mengingat hal itu juga memperlambat perputaran bisnis (yang merupakan masalah dari semua cafe), oleh karena itu kita propose suasana yang lebih terkesan terang (adopsi dari perputaran restoran fast food namun tidak seterang itu). Perbandingannya 80% suasana cafe dan 20 % suasana fast food. Karena ruangan dan warna yang terang terkesan memancing nafsu makan, oleh karena itu perputaran di resto dan fast food lebih cepat (selain faktor perabot dll). Jadi, kita akan buat nuansa yang sedikit lebih terang namun tetap cozy seperti cafe resto pada umumnya. Selain dari suasananya, kita juga perlu memperdalam konsep country-nya, yang dimana identik dengan koboi, roda pedati, dll. Berikut adalah konsep yang diajukan untuk Smokey Ribs yang baru.


Sebenarnya ini bukan konsep baru untuk cafe smokey ribs, lebih kepada pengembangan konsep yang sudah ada dan dipertajam lagi supaya kesan countrynya lebih dapat dan sekaligus menjadi ciri khas smokey ribs dibandingkan dengan cafe sejenis lainnya. Bahkan, pintu masuk pun pakai pintu koboi seperti di film-film koboi dan bukan hanya pintu kaca standard cafe biasa. Area shopfront pun harus didesain mencolok dan unique untuk memancing orang datang dan tentu saja dibantu dengan "atraksi" dari grill area yang ditutup dengan kaca. Sebenarnya kami lebih berharap grill area tidak ditutup, jadi selain dapat melihat aksi memanggang, orang juga akan tertarik dengan "bau"nya, namun tidak diizinkan dan harus ditutup. Oleh karena itu, untuk mengakalinya ditutup dengan sekat kaca supaya tetap terlihat dan kaca dilubangi kecil-kecil di bagian pinggir supaya "bau" dapat tercium meski samar-samar. Perabot-perabot dari cafe yang lama sebagian dipakai kembali karena kondisinya masih bagus dan bisa menghemat budget dan tetap masih ada kesan smokey ribs yang lama, supaya pelanggan lama tetap merasa nyaman seperti sebelumnya.


Berikut sketsa desain SNote untuk tampak dan desain interiornya.




Seperti yang tertera sebelumnya, suasana yang akan diciptakan akan sedikit lebih terang, namun khusus untuk area bar tetap terkesan remang supaya berbeda dengan yang lain dan kesan bar tidak hilang. Desain bar juga terinspirasi dari bar-bar di film koboi dimana dominan kayu dan bata merah, lengkap dengan botol winenya. Desain tangga yang bulat memudahkan eksplorasi desain yang unique, jadilah desain tangga seperti di sketsa. Tangga ini terinspirasi dari jeruji penjara dan sangkar, oleh karena itu tangga ini diselubungi dengan tiang-tiang besi yang menjulang ke atas. Dinding-dinding yang ada pun tidak hanya sekedar bata cat putih dan kesan karat, di beberapa spot terdapat lukisan besar atau pun quote atau pun menu dari cafe tersebut. Selain supaya menjadi focal point juga dapat menjadi area spot-spot foto yang sudah menjadi hal wajib untuk cafe maupun resto. Area mini VIP room dengan ruangannya yang cukup sempit dan berbentuk terkesan terowongan membuat desainnya terinspirasi dari terowongan tambang dan tentu saja peranan cermin sangat penting untuk ruangan yang sempit. Oleh karena itu, cermin diletakkan di dinding ujung ruangan, supaya "terowongan" terkesan panjang padahal tidak. Smoking area selain hanya di sekat kaca juga ada ditambah fantasi pajang botol dari pipa yang disusun-susun, karena selain smokey ribs yang lama mempunyai banyak botol juga bisa dijadikan ciri khas dari cafe smokey ribs juga.


Berikut adalah hasil 3d visualisasi dari sketsa dan gambar kerja snote Smokey Ribs.

Tampak depan (shopfront)


Desain lantai 1

Desain lantai 2


Dalam setiap project, saat eksekusi di lapangan pasti tetap ada masalah dan perlu penyesuaian. Project ini baru-baru saja selesai dan akan grand opening hari ini, Minggu 18 Desember 2016. Bagi yang ingin melihat hasil jadi dan penyesuaiannya seperti apa, boleh dilihat di cafe Smokey Ribs langsung di ruko mall Centre Point blok G no. 15 dan 16.









RECENT POSTS

ARCHIVE POSTS